Breaking News

Isu Soal Jokowi Tiga Periode, Begini Tanggapan Megawati

graphiste-internet – Ketua Umum PDI-Perjuangan (PDI) Megawati Soekarnoputri mengkritik mereka yang menuding Presiden Jokowi ingin menjalani tiga periode. Megawati mengatakan, partai-partai inilah yang ingin menjalani tiga periode.

Isu Soal Jokowi Tiga Periode, Begini Tanggapan Megawati

 

“Hari ini Pak Jokowi dikocok, berkeinginan katanya untuk tiga periode. Lah yang ngomong itu yang kepingin sebetulnya. Suatu saat siapa tau dianya bisa jadi ingin tiga periode,’ kata Megawati saat berpidato di acara peluncuran buku Merawat Pertiwi secara virtual, Rabu (24/3).

Megawati menegaskan, aturan masa jabatan presiden yang diatur dalam UUD 1945 hanya mengatur dua istilah. Ia juga menegaskan, presiden tidak bisa begitu saja mengubah ketentuan UUD 1945.

Presiden kelima RI berkata: “Kenapa? Lagipula, aturan mainnya sudah ada.”

Dalam kesempatan ini, Megawati juga menghubungi kader PDIP yang belakangan ingin mencalonkan diri sebagai bupati. Lantas, ia mempertanyakan alasan utama para kader tersebut berniat demikian.

“Mau cari kekayaan, cari kekuasaan, mau ketenaran? Berhenti. Paling lama dua periode. Tidak. Dua periode. Jangan hanya duduk di situ. Tugas utama menjadi kader partai adalah memperjuangkan nasib rakyat., Kata Megawati.

Mantan Ketua MPR, Amien Rais, juga setuju dengan gagasan menaikkan kursi kepresidenan menjadi tiga periode. Amien mengaku melalui akun Instagram pribadinya, Sabtu (13/3), menduga banyak pihak berupaya menerbitkan pasal-pasal dalam peraturan perundang-undangan agar Jokowi bisa menjabat sebagai presiden hingga tiga periode.

Presiden Jokowi sendiri mengungkapkan posisinya tentang munculnya masa jabatan presiden tiga periode. Ia menyatakan tidak berniat menjabat sebagai presiden selama tiga periode berturut-turut. Ia menegaskan akan tetap berpegang pada UUD 1945 yang menyebutkan masa jabatan presiden adalah dua periode.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *