Breaking News

Sambut HUT ke-48, PDI Perjuangan Ajak Masyarakat Cinta Ciliwung Bersih

Sambut HUT ke-48, PDI Perjuangan Ajak Masyarakat Cinta Ciliwung Bersih

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, HUT ke 48 pada 10 Januari 2021, pihaknya mengusung ‘Cinta Ciliwung Bersih’. Menurut dia, ini sebagai lanjutan program memelihara bumi sekaligus gerakan membersihkan sungai.

Tahun ini acara dipusatkan di selama Sungai Ciliwung. Namun, kesibukan sejenis juga dikerjakan oleh kader partai di seluruh Indonesia, di sungai apa pun yang terdekat ke kehidupannya masing-masing.

“Mengapa sungai? Bicara sungai maka sebetulnya berbicara soal peradaban manusia. Sebab sungai mempunyai air dan nutrisi ke daerah di seluruh bumi. Jangan hanya berkhayal sebagai saluran drainase. Tapi sebagai sebuah habitat, yang sediakan habitat dan makanan yang terlampau baik bagi banyak organisme di bumi,” kata Hasto, Jumat (8/1/2021).

Dia menuturkan, laporan dari beragam lembaga formal pemerintahan dan swadaya masyarakat, tiap-tiap th. ratusan ribu anak Indonesia jadi korban pencemaran sungai di Indonesia. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada th. lantas saja menyebut 98 prosen sungai yang ada di Indonesia sudah tercemar.

Kondisi kritis terjadi di sungai-sungai yang ada di Pulau Jawa. Yang paling kritis adalah Sungai Citarum. Namun sungai-sungai lainnya juga tercemar. Seperti Sungai Kapuas, Sungai Brantas, Sungai Bengawan Solo, Sungai Ciliwung, Cisadane, dan Sungai Siak.

“Kalau kami melewatkan ini, maka serupa saja pembunuhan masa depan generasi kita. Sama saja kami melewatkan peradaban Indonesia langsung mati justru gara-gara kami tak memelihara sungai bersama baik dan benar,” ungkap Hasto.

Wujudkan Kehidupan Sejahtera
Dia menuturkan, PDIP sadar sepenuhnya bahwa politik bukan cuman pertarungan di pemilu maupun pilkada. Namun bagaimana mengelola kekuasaan yang membumi demi kesejahteraan rakyat dan Indonesia Raya. Politik kudu bisa mewujudkan kehidupan penduduk yang sejahtera, santun dan penuh tanggungjawab, juga lingkungan hidupnya.

“Gerakan Merawat Bumi lewat ‘Cinta Ciliwung Bersih’ yang dapat dikerjakan pada peringatan HUT partai ini juga takkan meniadakan betapa pentingnya memelihara konsistensi protokol kesehatan pandemi covid-19,” tukasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *